Home » » KH.Q. AHMAD SYAHID SANG PECINTA AL-QUR'AN

KH.Q. AHMAD SYAHID SANG PECINTA AL-QUR'AN

Written By Sanghyang Mughni Pancaniti on Senin, 19 Agustus 2013 | 11.41

Oleh:  Sanghyang Mughni Pancaniti

KH. Q. Ahmad Syahid. beliau adalah pimpinan Pondok Pesantren al-Qur’an al-Falah Cicalengka Bandung. di dunia seni baca al-Qur’an, beliau adalah orang yang sangat dikenal, karena beliau merupakan juara pertama pada MTQ Tingkat Nasional yang pertama kali diadakan di Indonesia.

Sekitar tahun 2001-2004, saya pernah menjadi santrinya di Ponpes al-Qur’an al-Falah, guna menuntut ilmu agama, khususnya Ulum al-Qur’an. ketika itu para santri biasa memanggil beliau dengan sebutan “Ayah”, dengan tujuan agar para santri bisa menjadikan beliau sebagai ayahnya di pondok.

Selama “nyantri’, saya “ngabandungan” akhlaq beliau yang luar biasa, ada beberapa contoh akhlak yang saya kagumi dari beliau; Pertama. kecintaan beliau kepada al-Qur’an. menurut saya, beliau adalah Sang Pecinta al-Qur’an baik dengan lahirnya, maupun bathinnya. rasa hormat beliau terhadap al-Qur’an sangat besar. misalkan ketika ada santri yang menyimpan al-Qur’an di atas kursi, maka beliau menegur santri tersebut, ‘kursi adalah tempatnya pantat, apakah kamu akan menyimpan al-Qur’an yang mulia di tempat yang biasanya didiami pantat?’. atau ketika ada santri yang sedang tadarus al-Qur’an, namun menyimpan al-Qur’an diatas lantai, dan disejajarkan dengan kaki, maka beliau akan segera mengingatkan santri tersebut.

kedua. kecintaannya kepada Baginda Rasulullah SAW. Ketika beliau mengajar para santri, beliau sangat sering menceritakan kisah-kisah tentang Baginda Rasulullah SAW. di tengah cerita, beliau selalu meneteskan air mata. alangkah besarnya kerinduan beliau kepada Rasulullah SAW. kami para santri, selalu ikut menagis, jika melihat beliau menangis. bukan karena mampu memaknai kisah tersebut, tapi karena kami melihat orang yang kami cintai menagis. masih banyak akhlaqnya yang tak mampu saya lukiskan dengan kata dan tulisan. yang selalu menghiasi dimana beliau berada.

ibu saya dulu pernah menjadi santri beliau di al-Falah, kurang lebih sekitar dua tahun. ibuku bercerita tentang salah satu keistimewaan (karomah) beliau. dulu sebelum beliau berangkat menunaikan ibadah haji, beliau punya nadzar kepada Allah, “Ya Allah, jika engkau memberikan aku kesempatan kepadaku untuk menghadap-Mu di Tanah Suci Makkah, maka aku bernadzar akan melantunkan ayat suci al-Qur’an di atas bukit Uhud.”. Allah memang Maha Berkehendak, beliau pun diundang oleh Allah untuk beribadah haji ke Baitullah. sesampainya di tanah suci, beliau tidak melupakan janjinya kepada Allah untuk melantunkan ayat suci di atas bukit Uhud. tatkala melantunkan ayat suci al-Qur’an dengan lagu Qira’at, suaranya itu terdengar sampai ke kaki bukit Uhud oleh orang-orang yang berada disana. padahal beliau tak menggunakan alat bantu mickrofone. semoga Allah terus memberikan senyuman-Nya kepada beliau. Amin.. Wallahu a’lam
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2013 @ Pena Sanghyang Mughni Pancaniti
"Template by Maskolis"